Berbagai Struktur Abstrak Yang Penting dan Berguna Dalam Karya Ilmiah

Berbagai Struktur Abstrak Penting Yang Penting dan Berguna Dalam Karya Ilmiah – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai struktur-struktur penting pada abstrak yang berguna dalam karya ilmiah. Artikel ini kami buat tak lain hanya untuk membantu orang-orang yang merasa kesusahan dalam membuat karya ilmiah, sesuai dengan struktur abstrak.

Dalam hal ini, abstrak adalah ringkasan dari seluruh isi karya tulis yang bergantung pada peraturan akademis tertentu. Pada dasarnya, Cara Menulis Abstrak yang benar yakni ditulis dengan maksimal 150 hingga 200 kata dengan jarak 1,5 spasi tanpa jarak antar baris.

Isi abstrak sendiri berupa tujuan penelitian, metode penelitian, sumber data, dan juga pembahasan. Sedangkan di bagian bawah abstrak terdapat kata kunci, kata kunci tersebut ditulis dengan maksimal lima kata.

Agar dalam karya ilmiah lebih lengkap, dibutuhkan struktur-struktur abstrak yang mendukung untuk pembuatannya. Struktur-struktur abstrak dalam karya ilmiah tersebut yakni sebagai berikut.

 

Struktur Abstrak Dalam Karya Ilmiah

1. Pendahuluan

Pada umumnya bagian pendahuluan berisikan dasar-dasar penelitian ilmiah yang telah dilakukan, masalah yang diangkat, dan juga mekanisme penyelesaian masalah tersebut. Dalam bagian pendahuluan setidaknya di dalamnya terdapat:

  1. Latar belakang masalah
  2. Identifikasi masalah
  3. Pembatasan masalah
  4. Perumusan masalah
  5. Tujuan pembahasan
  6. Kemaknawian tulisan

2. Isi dan Pembahasan

Untuk bagian isi dan juga pembahasan ini bisa lebih dari satu bab, sedangkan jumlah bab pada bagian ini bergantung pada seberapa pelik pembedahan serta pembahasan yang berdasarkan dari bahan penelitian.

Dalam pembahasan, penulis akan menggunakan daya analisis secara objektif dan bergantung pada metode yang dipilih. Apabila yang dipilih metode kuantitatif, maka data akan dijabarkan dengan bantuan dari beberapa fitur. Fitur-fitur tersebut seperti garfik, diagram, dan juga tabel. Sedangkan apabila yang dipilih metode kualitatif, maka data akan diuraikan secara verbal.

3. Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan ini umumnya berisikan kumpulan-kumpulan atau inti yang berasal dari hasil analisis pada bagian isi dan juga pembahasan. Kesimpulan yang disampaikan di bagian ini berupa penjelasan singkat dan padat tentang hasil analisis tersebut, namun biasanya bagian ini hanya terdiri dari satu bab saja.

Kesimpulan berbeda halnya dengan rangkuman, pada bagian kesimpulan ini proses pemaknaan lebih jelas. Sedangkan untuk bagian rangkuman, hanya berisikan beberapa ide pokok saja. Biasanya bagian ini juga menyajikan saran dan juga rekomendasi.

 

Penutup

Baiklah mungkin itu saja ulasan yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua, mengenai struktur abstrak yang berguna untuk membuat karya ilmiah. Diharapkan dengan adanya artikel ini, dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kalian. Apabila terdapat kesalahan penulisan ataupun terdapat kalimat yang kurang tepat dalam artikel ini, kami mohon maaf kepada kalian semua.

Comments are closed.